Dua Manfaat Wow Apabila Kita Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Ilustrasi : www.kampunginggris.id
“Kok menyanyi terus? Kapan belajarnya?”

“Pak, nulisnya juga ada dong. Masa habis waktu buat menyanyi!”

Itu baru sekelumit dari beberapa tanggapan baik dari murid maupun dari orangtua murid ^_^.

Kadang-kadang saya cuma geleng-geleng kepala kalau mendengar komentar-komentar seperti itu.


Tapi saya tidak menyalahkan mereka.

Saya pun dulu berpendapat seperti itu.

Tapi seiring waktu, saya berbeda pandangan.

Orang yang menginspirasi saya untuk mengajar bahasa dengan menggunakan lagu adalah teman saya, Budi (bukan nama sebenarnya).

Dia menggunakan gitar untuk menyanyikan lagu-lagu bahasa Inggris.

Dari situ, saya melihat bahwa menyanyi pun bisa menjadi sarana dalam pembelajaran bahasa.

Apalagi sambil memainkan alat musik.
8
Ada nilai tambah didalam pembelajaran.

Menurut berbagai sumber, saya menemukan ada dua manfaat wow apabila kita belajar bahasa inggris lewat lagu.

Mari kita bahas satu per satu.

Pertama, lagu melatih otak kiri dan kanan secara bersamaan.
Sumber Gambar : lesprivatsurabaya.net
Bahasa sebenarnya hanya melatih otak kiri.

Lagu atau musik melatih otak kanan.

Belajar bahasa dengan menggunakan musik dan lagu, berarti menggunakan kedua bagian otak yaitu kiri dan kanan secara bersamaan (Mengenai pembagian bidang di otak kiri dan kanan, Anda bisa googling untuk mencari tahu secara detail).

Hasilnya?

Saya menggunakan media lagu ini untuk mengajar Bahasa Inggris pada anak-anak Sekolah Dasar kelas 4 sampai dengan 6.

Mereka sangat antusias dalam mempelajari bahasa Inggris, dan juga lebih cepat menguasai pengucapan dan pelafalan dalam bahasa Inggris.

Kedua, Melatih kemampuan motorik siswa-siswi

Ilustrasi : www.buahatiku.com
Lho, apa hubungannya dengan lagu?

Pasti Anda semua setuju kalau senam pasti diiringi dengan lagu kan?

Nah, dengan menggabungkan antara belajar bahasa dengan lagu, selain otak sehat, juga bisa digabungkan dengan olah tubuh, dalam hal ini gerak badan atau olahraga,

Jadi tidak melulu menulis atau menyanyi tanpa gerakan.

Sebagai contoh, lagu sederhana Ten Fingers on My Hands (Anda bisa menonton lagu ini disini jika Anda belum pernah mendengarnya ^_^).

Lagu ini mengajarkan tentang angka dalam bahasa Inggris, mulai one sampai dengan ten.

Dengan mengangkat jari tangan dan menunjukkan satu jari sampai sepuluh jari, sambil menyanyikannya secara bersamaan, berarti melatih jari-jari tangan supaya tidak kaku setelah lama menulis.

Atau lagu Head, Shoulders, Knees and Toes (Anda bisa menontonnya juga disana) Siapa tahu Anda tertarik untuk mengajarkannya kepada anak-anak Anda ^_^).

Lagu ini mengajarkan tentang bagian-bagian tubuh dalam bahasa Inggris, yaitu Head (Kepala), Shoulders (Pundak), Knees (Lutut), Toes (Jari Kaki), Eyes (Mata), Ears (Telinga), Mouth (Mulut) dan Nose (Hidung).

Nah, menariknya disini, bukan sekedar menyanyikan, tapi juga menyentuh bagian-bagian tubuh yang disebutkan.

Jadi dengan begitu, tidak menyanyikan saja.

Ada gerakan aktif.

Masih banyak lagu-lagu dalam bahasa Inggris lainnya yang bisa digunakan dalam belajar.

Oke, sebegini dulu sharing singkat saya dalam menguraikan manfaat wow dari belajar bahasa Inggris lewat lagu.

Sebetulnya mungkin masih banyak manfaat yang bisa kita dapat dari penggunaan lagu dalam proses belajar bahasa.

Mungkin di lain waktu, saya akan mengulas lebih terperinci tentang peranan lagu dalam penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

“Banyak jalan menuju mahir bahasa. Lagu adalah salah satu jalannya ^_^.”

Komentar