5 Alasan Penting Kenapa Putra-Putri Tersayang Perlu Les Privat Bahasa Inggris

“Les privat bahasa Inggris? Mahal!”

Yah, memang menguasai bahasa Inggris itu tak mudah. Makanya les-les privat bahasa Inggris yang bertebaran bak jamur di musim hujan pun berbiaya mahal.

Kendala yang paling biasa saya dengar, selain susah dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris, juga sulit dalam menulis.

“Susah, Bang. Aturan-aturannya itu loh. Ada simple present tense lah, present continuous tense lah, simple past tense lah. Mumet aku,” kata Joni (bukan nama sebenarnya), salah satu kenalan saya berkomentar.

Nah, saya sih biasanya menyarankan untuk mengambil les privat. Selain saya juga guru les privat yang mengajar bahasa Inggris (sekalian promosi, hehehe ^_^), juga ada alasan kenapa perlu les privat bahasa Inggris, jika ingin menguasai dengan cepat.

Ada lima alasan menurut saya, kenapa Anda perlu les privat bahasa Inggris.

1. Ada yang membimbing

“Susah kalau tidak ada yang bimbing,” ujar salah satu orangtua murid yang meminta saya untuk mengajar anaknya di rumah beliau.

Yah, memang ini yang menjadi permasalahan orangtua jaman now. Baik ayah maupun ibu sibuk bekerja karena biaya hidup yang semakin meningkat, dan kebutuhan yang juga perlu dipenuhi.

Otomatis, anak-anak diasuh oleh kakek atau nenek, atau yang lebih parah pembantu yang cuma lulusan SMP, SD, atau malah tidak lulus SD sama sekali.

Membiarkan anak-anak belajar sendiri? Sudah banyak bukti kalau anak-anak lebih banyak mainnya daripada belajarnya. Dari pengalaman saya, saya mendapati anak-anak yang kedua orangtuanya sibuk bekerja, kebanyakan dari mereka tidak terlalu berprestasi di sekolah.

Dengan adanya pembimbing, anak-anak akan lebih fokus belajar, sehingga tidak terdistraksi dengan berbagai gangguan saat ini, semisal tv, gadget, dan lain sebagainya.

2. Lebih disiplin

Dengan mengikuti les privat, putra dan putri tersayang akan terbiasa disiplin. Bagaimana tidak disiplin kalau jadwal les sudah ditentukan seminggu dua kali, semisal Senin dan Kamis, pada jam empat sore sampai jam setengah enam sore?

Dengan begitu, kebiasaan belajar yang teratur seperti ini akan menumbuhkan kegigihan belajar dari anak bahwa keberhasilan dalam belajar tergantung dari kebiasaan disiplin belajar yang dipupuk secara teratur dan berkesinambungan.

3. Materi Terarah

Berbeda dengan belajar secara otodidak, belajar dengan guru les privat akan menyebabkan proses belajar yang terarah, disesuaikan dengan kemampuan putra dan putri tercinta. Bukan mendiskreditkan belajar secara otodidak, namun terkadang, kalau belajar secara mandiri, anak-anak tidak tahu harus belajar apa dan memulai dari mana. Alih-alih mempelajari hal-hal yang masih belum dimengerti, anak-anak tersebut malah mengulang-ulang materi yang mereka sudah kuasai dan mengabaikan materi yang sulit bagi mereka.

Guru yang sudah berpengalaman akan mengetahui materi yang tepat untuk peserta didiknya dan merancang setahap demi setahap dari yang termudah sampai yang tersukar dengan parameter yang terukur.

4. Putra-putri tersayang tidak capek pergi ke tempat les di luar rumah

Semakin hari, semakin padat saja jalanan, khususnya di kota Samarinda dimana saya tinggal. Kenapa? Selain karena kehidupan di Samarinda yang sudah semakin ‘bersaing’, mungkin juga karena pengaruh status IKN alias Ibukota Negara Baru ^_^.

Akibatnya, semakin macet jalanan, khususnya saat pagi sewaktu mayoritas warga pergi mengantar anak sekolah sekaligus ngantor setelahnya, dan sore, serta malam hari, dimana warga menjemput buah hati pulang sekolah dan kembali ke rumah setelah seharian beraktivitas, entah itu sekolah, kuliah, atau bekerja.

Tentu saja, imbas kelelahan fisik tak bisa dihindari. Mau les di luar? Bukannya tidak mau, tapi faktor capek harus berjibaku di jalanan yang padat kendaraan bermotor menjadikan hasrat itu lenyap bagai asap tertiup angin puting beliung.

Les privat bisa menjadi solusi yang tepat. Guru privat datang ke rumah. Putra-putri Anda hanya menunggu di rumah sehingga tidak capek pergi ke tempat les di luar rumah.

5. Belajar lebih fokus karena peserta didik tidak banyak jumlahnya

Ini keunggulan yang barangkali tidak akan pernah bisa didapat di les atau bimbingan belajar di luar. Kalau les atau bimbel di luar rumah, dalam hal ini bimbel yang mempunyai gedung (dibaca : menyewa gedung), tidak mungkin satu kelas hanya berisi satu atau dua murid saja. Pasti banyak murid yang belajar dalam satu kelas, karena semakin banyak murid yang belajar, uang yang diperoleh pun juga semakin besar, untuk membayar sewa gedung dan menggaji tutor serta karyawan.

“Tapi kalau di bimbel, saya hanya membayar 300 ribu per bulan untuk semua mata pelajaran. Les privat lebih mahal,” kata Bu Daniar (bukan nama sebenarnya), salah satu orangtua murid yang pernah bertanya kepada saya tentang berapa tarif les privat saya.

Memang, saya akui kalau les privat lebih mahal, namun perlu dicermati, les atau bimbel di luar, selain Anda harus ‘membelanjakan waktu’ di jalan untuk mengantar jemput anak ke dan dari bimbel, juga gaya belajar di bimbel yang klasikal, seperti di sekolah, karena satu kelas berisi banyak peserta didik, bisa mencapai 30 - 40 murid.

Bisa Anda bayangkan satu guru harus menangani 30 - 40 murid? Saya bisa membayangkan. Yang ada, timbul keributan di kelas dan tidak semua murid paham sepenuhnya apa yang sudah diajarkan, serta tidak semua murid bisa bertanya karena waktu belajar sangat terbatas.

Les privat tentu saja mempunyai murid yang tak sebanyak di bimbel. Satu atau dua murid tentu saja tak seribut 30 - 40 murid. Apalagi kalau satu murid saja yang belajar, tentu saja hasil belajar akan lebih maksimal. Satu murid, satu guru. Waktu satu jam 30 menit, misalnya, akan lebih joss hasilnya, dibanding satu jam 30 menit di ruang kelas berisi 30 murid. Kalau 90 menit dibagi 30 menit, maka waktu siswa hanya 3 menit per orang untuk berpartisipasi atau bertanya pada tutor.
* * *
Demikianlah 5 alasan penting kenapa putra-putri tersayang perlu les privat bahasa Inggris.

Kiranya bisa membuat Anda memutuskan untuk memilih guru les privat bahasa Inggris yang sudah sangat berpengalaman untuk membimbing putra-putri tercinta sehingga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

Apakah Anda sudah menemukan guru yang tepat untuk mendidik buah hati?

Jikalau belum, mungkin saya bisa membantu. Saya sudah mengajar bahasa Inggris sejak tahun 1998, dan sudah pernah mengajar di berbagai sekolah, lembaga kursus, bimbel, dan lain sebagainya. Saya juga pernah membimbing beberapa murid untuk memenangi berbagai lomba, seperti lomba pidato dalam bahasa Inggris (speech contest), spelling bee competition, cerdas cermat bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Kalau Anda berdomisili di kota Samarinda dan ingin putra-putri Anda belajar bahasa Inggris dipandu dengan materi yang sesuai dengan pelajaran sekolah dan juga melatih keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris sampai fasih, mungkin saya bisa membantu.

Anda bisa menelepon atau mengirim pesan singkat ke WA saya di 0823-5361-3105 untuk informasi lebih lanjut ^_^.

Akhir kata, kiranya tulisan saya di atas bisa bermanfaat untuk Anda dalam menentukan pilihan terbaik tentang les privat untuk putra-putri tercinta.

"Les privat, pilihan yang tepat untuk kemajuan belajar putra-putri Anda."

Komentar